30 November 2016

Karyawan VS Blogger

Menjadi karyawan sebuah perusahaan, seringkali memaksa saya harus banyak tinggal di dalam kantor setiap hari di jam kerja. Kalaupun saya keluar kantor, paling hanya beberapa jam untuk meeting atau bertemu relasi. Walaupun kegiatan kantor benar-benar menyita banyak waktu, tapi saya tidak pernah menyesal menjalaninya. Setiap orang memang punya passion masing-masing dalam hidup mereka bukan ? Walaupun harus melakukan banyak hal di kantor setiap saat, tapi saya happy. Di luar waktu kantor, saya suka menulis banyak hal di blog saya. Saya juga banyak menghadiri acara blogger untuk bisa mendapatkan banyak bahan yang akan saya tuliskan di blog. Walaupun banyak sekali acara blogger yang berlangsung di jam kerja, tapi saya tidak pernah menyesali profesi saya sebagai karyawan kantor. Toh di luar jam kantor, tetap masih banyak acara blogger yang bisa saya ikuti. Membagi waktu dan energi adalah kuncinya. Jadi walaupun sibuk di kantor, saya masih tetap bisa meluangkan waktu setelah jam kerja atau di akhir pekan untuk menghadiri acara-acara blogger yang notabene bisa sekalian kopdar dengan teman-teman blogger juga.

Yang lumayan jadi tantangan sih, kalau ada undangan acara blogger yang mengharuskan untuk memakai dress code tertentu. Saya kan paginya harus ngantor dulu, jadi lumayan repot kalau harus bawa dua stel pakaian yang berbeda dari rumah. Sementara beberapa dress code acara, kadang memang tidak mungkin untuk dipakai di kantor. Jadilah harus pintar-pintar putar otak supaya tidak harus bawa banyak pakaian, tapi bisa tetap rapi di kantor dan kece saat acara blogger. Untungnya saya selalu menyiapkan beberapa pakaian di kantor seperti jaket atau blazer dan beberapa sepatu kalau ada acara dadakan yang harus dihadiri. Tinggal bongkar pasang sedikit dengan menambahkan jaket atau blazer, tambah aksesori seperti topi, ganti sepatu, bagian bawah celana dicelana digulung terbalik, pakai minyak rambut. Langsung siap deh buat ikutan acara blogger. 

Kalau ada mimpi saya yang masih belum terwujud saat ini, mungkin saya akan jawab karena saya belum punya sebuah perangkat yang bisa menunjang dualisme kegiatan saya sebagai karyawan dan sebagai blogger sekaligus. Sebagai karyawan saya tentu akan lebih banyak menghabiskan waktu untuk bekerja di depan komputer dan notebook, sementara saat menghadiri acara blogger saya perlu sebuah perangkat yang lebih ringan untuk aktivitas live tweet atau live blogging. Ngga mungkin kan saya buka notebook saya untuk live tweet saat hadir di acara blogger ? Selain besar, notebook kan lumayan panas yah kalau dipangku lama-lama. Apalagi laki-laki katanya kan ngga boleh mangku notebook lama-lama karena ngga baik buat kesuburan. Tuh, jadi panjang kemana-mana kan urusannya. Tapi pas tahu kalau Acer merilis Switch Alpha 12, saya langsung merasa kalau inilah jawaban atas segala mimpi saya selama ini. 

Kenapa saya bilang ini jawaban atas mimpi saya ? Karena Acer Switch Alpha 12 ini bisa saya pakai untuk menunjang kegiatan kantor sekaligus kegiatan saya sebagai seorang blogger. Bobotnya yang cuma 1,25 kg dengan desain yang tipis dan ramping dijamin ngga bakal berat-beratin isi tas saya sehingga membuat saya lebih leluasa untuk bergerak. Trus Acer Switch Alpha 12 ini juga bisa digunakan dengan atau tanpa keyboard. Kebayang kan, saya bisa gunakan lengkap kalau sedang berada di kantor dan saya bisa jadikan tablet hanya dengan melepas engsel magnetnya kalau sedang hadir di acara blogger. Praktis banget dong buat live tweet ? Apalagi notebook ini juga dilengkapi dengan kamera 5MP yang bisa mendukung kegiatan live tweet dengan foto-foto yang oke. Trus biasanya saya paling kesal kalau lagi hadir di acara blogger dan tiba-tiba bos ngabarin minta dikirimin berkas file via email, sementara filenya kan ada di dalam notebook. Nah, kalau pakai Switch Alpha 12 ini berarti bisa langsung saya kirimin dong. Filenya kan ada di genggaman. Duuhh.. jadi tambah mupeng deh.

Yang bikin saya tambah terpukau, ternyata Acer Switch Alpha 12 ini sudah tidak pakai kipas yang bikin laptop berisik dan berpotensi banyak debu. Tahu sendiri kan, kalau lubang kipas di notebook sering banget berdebu yang bikin sirkulasi udara jadi terganggu dan akhirnya bikin notebook jadi cepat panas. Trus kalau ngga pakai kipas, gimana alat ini mendinginkan mesinnya dong? Ternyata Acer menggunakan teknologi terbaru yang bernama LiquidLoop yang mampu mendinginkan mesin tanpa suara bising. Dengan kata lain nih, fanless ini bikin notebook ngga berisik, suhu selalu stabil yang akan membuat notebook jadi panjang umur. Asoy kan ? Belum lagi prosesor Intel Core i5 dan i7 generasi terbaru yang tertanam akan bikin notebook ini jadi powerful banget.

Saya ini kan orangnya suka iseng banget. Kalau ada kertas nganggur dan pulpen suka bikin corat coret apapun di atas kertas. Nah Acer Switch Alpha 12 ini bisa mendukung aksi corat coret saya jadi lebih positif karena dilengkapi Active Pen yang bisa bikin kreativitas saya jadi lebih dari sekedar corat coret belaka. Active Pen ini juga bisa digunakan untuk menulis secara digital jadi lebih rapi dan lebih mudah juga tentunya. Jadi kalau lagi meeting, saya bisa gunakan ini untuk mencatat minutes of meeting. Atau kalau lagi hadir di acara blogger bisa saya gunakan untuk mencatat hal yang penting untuk saya tuliskan di blog. Berguna banget.. Ditambah lagi, notebook ini memiliki kapasitas baterai 4.870 mAh yang bisa bertahan hingga 8 jam. Jadi cocok banget kalau lagi meeting dengan klien di tempat yang ngga ada colokan atau pas lagi datang di acara blogger yang kebetulan colokannya penuh. Tahu sendiri kan kelakuan blogger, di mana ada colokan pasti blogger bakal ngerubungin. Hahahaha...

Trus yang ngga kalah penting nih. Kalo lagi kerja di kantor atau lagi kejar-kejaran sama deadline tulisan blog, pastinya saya akan habiskan berjam-jam berada di depan notebook. Nah, Acer Switch Alpha 12 ini memiliki resolusi yang tinggi dan dilengkapi dengan teknologi Bluelight Shield yang melindungi mata kita dari emisi cahaya biru di notebook sehingga bikin mata jadi ngga mudah lelah dan kering. Tuh kan, terlihat banget gimana notebook 2-in-1 yang powerful dan fanless ini bisa menunjang aktivitas saya sebagai seorang karyawan maupun sebagai seorang blogger sekaligus. Mudah-mudahan tabungan saya bisa segera cukup untuk menghadirkan Acer Switch Alpha 12 yang keren ini sebagai perangkat yang menunjang karir saya sebagai karyawan kantor dan juga blogger. Aamiin...


28 November 2016

Nongkrong Heboh Di Warunk Upnormal Margonda

Jalan Margonda, Depok sejak dulu memang sudah jadi surga kuliner. Bagaimana tidak, daerah ini memiliki pembeli potensial dari kalangan mahasiswa Universitas Indonesia, Universitas Guna Darma dan kampus-kampus lain yang berlokasi tidak jauh dari Depok. Tidak heran, tempat kuliner tumbuh subur bak jamur di musim penghujan. Semua berlomba menyajikan kuliner dengan rasa yang lezat, memiliki tempat nongkrong yang asyik dan tentu saja harga yang bersahabat dengan dompet mahasiswa. Salah satunya adalah Warunk Upnormal, yang belum lama ini meramaikan peta wisata kuliner di sepanjang jalan Margonda. Yuk simak makan-makan besar saya kali ini dalam Catatan Si Goiq.

Warunk Upnormal bukan sebuah nama asing dalam dunia kuliner tanah air. Brand yang awalnya bermula dari Kota Kembang ini sudah memiliki lebih dari 25 cabang yang tersebar di berbagai kota besar. Warunk Upnormal Margonda sendiri merupakan cabang ke-27 yang menyapa para anak muda Depok yang butuh lebih dari sekedar tempat makan. Interior yang meriah dijamin akan membuat kita betah nongkrong berlama-lama di sini. Begitu tingginya antusias untuk datang ke tempat kuliner hits ini, membuat barisan antrian orang yang ingin makan dan nongkrong terlihat memanjang. 

Seperti yang saya katakan sebelumnya, Warunk Upnormal ini memang tidak hanya sekedar tempat makan biasa. Di sini kita bisa menikmati berbagai fasilitas yang disediakan untuk membuat nongkrong jadi lebih seru. Tidak hanya dilengkapi fasilitas wifi dengan kecepatan yang oke, Warunk Upnormal juga menyediakan berbagai permainan untuk membuat nongkrong kamu bareng pacar atau teman-teman jadi tambah semarak. Beberapa permainan yang sempat saya lihat antara lain adalah Uno Kartu, Uno Stacko, Ludo, congklak dan sebagainya. Asyik banget kan ?

Sambil menikmati permainan, jangan lewatkan juga untuk mencicipi beraneka menu yang juga tidak kalah heboh. Beberapa menu terbaru Warunk Upnormal yang sempat saya cicipi antara lain adalah Indomie Sambel Nuklir, Indomie Sambal Domba Membara, Nasi Kulit Ayam Sambal Konslet dan Nasi Kulit Ayam Sambal Domba Membara. Nama yang unik menyimpan kejuatan luar biasa mulai dari suapan pertama. Semuanya enak dan bikin lidah bergoyang plus mata berair. Pedas gilaaaa...

Lalu datang Indomie Bakmi Djowo dengan porsi besar yang saya pikir bisa dimakan untuk dua orang. rasanya enak banget. Buat kamu yang ngga suka pedas, menu satu ini bolehlah kalian cobain diantara menu dengan cita rasa pedas di sini. Lalu ada pula Indomie Soto Samin yang gurih dengan daging kambing muda yang mepuk dan minyak samin yang membuat cita rasa menu ini jadi gurih banget. Trus ada juga Tahu Sambal Konslet yang bisa jadi cemilan pedas yang seru.


Beberapa menu lain yang sempat saya coba adalah Cireng Pandawa yang cocok buat cemilan rame-rame, lalu Indomie Gokil yang rasanya memang gokil, Trus Nasi Wagyu Saus Mushroom, roti half half di mana kita bisa memilih 2 macam rasa. Kami memilih topping taro dan matcha. Saya paling suka yang topping taro. Juaraaa... Dan ada juga Kopi Gayo yang biji kopinya benar-benar dibeli langsung dari petani kopi di Aceh sana lho.

Warunk Upnormal juga punya beragam menu dessert yang segar dan kaya rasa. Beberapa menu yang saya cobain antara lain Orange Blaster yang segar banget dan Green Tea Monster dengan mochi isi nutella buatan mereka sendiri. Rasanya segar dan pengen nambah lagi. 

Dan ngga lengkap keseruan nongkrong berjam-jam di Warunk Upnormal Margonda ini tanpa kehadiran teman-teman foodies yang kece-kece ini. Ada Aul Howler serta Tyo dan Mega dari Culidiary dan tidak ketinggalan Mbak Cony yang ngasih tahu kita menu-menu favorit apa saja yang ada di Warunk Upnormal. Buat teman-teman yang domisili atau tinggal dekat di sekitar Depok, cuusss nongkrong di Warunk Upnormal Margonda.

Warunk Upnormal Margonda
Jalan Margonda Raya No. 458 Depok (sebelum RS Bunda)
Jam Buka : Pk.15.00 - 02.00

27 November 2016

Trend Rambut Pria Di Tahun 2017

Rambut adalah mahkota, tidak hanya bagi para wanita tapi juga bagi kaum pria. Kalau dulu, mungkin kaum pria tidak terlalu pusing dengan trend, asal pendek dan rapi rasanya sudah okelah. Tapi sekarang sudah beda dong. Setiap tahun akan hadir trend model rambut terbaru untuk pria, yang menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Nah mau tahu, model rambut pria seperti apakah yang kira-kira akan  jadi trend di tahun 2017 ? Simak yuk dalam Catatan Si Goiq kali ini.

Beberapa waktu yang lalu saya menerima undangan dari grup Blogger Reporter Indonesia untuk menghadiri acara Gentleman's Grooming Talk yang berlangsung di Chief Barbershop yang berlokasi di Jalan Ciragil, Jakarta Selatan. Acara tersebut menghadirkan Fatsi Hakim Anjani selaku Founder Chief Barbersupplies & Co serta Ion Akhmad, seorang man style expert sebagai pembicara. Dari obrol-brol malam itu, saya jadi ingat kalau dulu saya selalu bertanya apa sih beda salon dengan barbershop ? Ternyata lumayan banyak lho perbedaannya. Beberapa point yang saya tangkap antara lain : kalau salon lebih banyak bermain dengan gunting sedangkan barbershop lebih banyak bermain dengan clipper. trus kalau barbershop juga lebih fokus untuk pria mulai dari perawatan hingga produk yang digunakan. Dalam kesempatan ini, Chief Barbershop juga memperkenalkan 4 Hair Character 2017 yang terinspirasi dari potongan rambut dan karakter unggul pria di berbagai negara.

Pertama, yang gambarnya bisa teman-teman lihat di kiri atas adalah modern uncut, merupakan karakter potongan rambut pria Jepang yang eksploratif. Lalu di sudut kanan atas adalah model cosmo classic, terisnpirasi dari karakter potongan rambut pria Italia yang passionate tapi tetap berkelas. Di sudut kiri bawah adalah model low fade, terinspirasi dari potongan rambut pria British yang konservatif tapi penuh ketelitian. Dan terakhir di kanan bawah adalah model paparazzi slick back, merupakan American hair character yang bebas dan senang berada di depan. 

Untuk menunjang model rambut yang dihadirkan tersebut, Chief Barbershop juga menghadirkan berbagai hair grooming product yang bisa kita dapatkan. Saya sendiri beruntung bisa mencoba 4 jenis pomade yang bisa saya sesuaikan dengan gaya rambut yang saya inginkan. Setiap varian memiliki perbedaan mulai dari yang berbahan dasar air dan minyak, hingga efek pomade tersebut di rambut. Dari beberapa varian ini, saya bisa memakai pomade dengan warna botol merah dan putih untuk hari-hari kerja karena keduanya lebih solid dan tidak membuat tatatan rambut saya berubah sampai balik dari kantor. Ini penting banget. Sedangkan yang berwarna biru dan hitam bisa saya pakai di akhir pekan untuk memberi kesan wet look dan original. 


Oh ya, acara ngobrol-nobrol kami malam itu berlangsung di Chief Barbershop. Chief Barbershop sendiri sudah hadir sejak tahun 2013 dan saat ini sudah memiliki 3 cabang, yaitu di Senopati, Ciragil dan Cipete. Chief sendiri menghadirkan konsep full service barbershop. Di mana kita bisa konsultasi untuk mendapatkan model rambut yang kita inginkan tapi ngga maksa, dalam artian tetap sesuai dengan bentuk kepala kita. Kita juga bisa membeli berbagai produk-produk khusus untuk pria, salah satunya varian pomade yang sudah saya ulas di atas. Harga jasa potong ranbut di Chief Barbershop juga terbilang murah kalau mau saya bandingkan dengan barbershop yang berlokasi di mall. 

Di cabang Chief Barbershop Ciragil bahkan terdapat Chief Cafe buat nongkrong. Cafe ini menyediakan berbagai pilihan minuman kopi dan aneka makanan yang bisa kita order sesuai selera. Jadi kalau lagi mau potong rambut dan kebetulan lagi bawa pacar atau lagi bareng teman, mereka ngga bakal bete nungguin kita potong rambut karena bisa sambil nongkrong di cafe. benar-benar full service kan layanan dari Chief Barbershop ini ? Yuk ke sana...

IG : @chief.company